4 Tips Ekspor Ke Luar Negeri Dengan Mudah, Anda Wajib Tahu !

Pelaku bisnis tentu tidak asing dengan kegiatan pengiriman barang baik dalam negeri maupun luar negeri. Selain memperhitungkan besarnya biaya ekspor barang ke luar negeri, Anda juga perlu memahami cara pengiriman barang yang benar dan tepat. Agar proses barang segera dikelola, silahkan simak tips ekspor singkat berikut. 

 

Tips Ekspor dengan Mudah dan Cepat
1. Persiapkan Dokumen Legalitas Usaha
Mempersiapkan berbagai dokumen legalitas usaha,  merupakan langkah pertama sebelum mengirimkan sejumlah barang. Setidaknya ada empat persyaratan dokumen legalitas yang harus dipenuhi oleh eksportir yaitu SIUP Surat Izin Perdagangan, NIK (Nomor identitas Kepabeanan), NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), TDP (Tanda Daftar Perusahaan).


Beruntungnya beberapa daerah telah menerapkan sistem online, sehingga Anda bisa mengunggah dokumen NIK, TDP dan SIUP. Sayangnya peraturan ini tidak berlaku untuk dokumen NPWP. Demi kelancaran proses pengiriman barang, sebaiknya nama perusahaan hingga alamat yang tertera sesuai selaras dengan informasi yang diberikan. 


2. Mempersiapkan Dokumen Ekspor
Sebelum jauh mempertimbangkan biaya ekspor ke luar negeri, hal yang tidak kalah penting dilakukan yaitu mempersiapkan dokumen ekspor. Ada beberapa dokumen yang harus dilengkapi agar proses pengiriman dapat segera ditindaklanjuti seperti dokumen ekspor utama, dokumen tambahan, serta dokumen sebelum ekspor. 


Dokumen ekspor utama terdiri dari invoice dan packing list yang dibuat oleh eksportir sendiri, serta bill of landing yang dibuat oleh shipping company atau airway bill. Sedangkan dokumen tambahan berupa certificate of origin, certificate of phytosanitary, certificate of analysis, dan dokumen tambahan sesuai permintaan dari para pembeli. 


Ada pula dokumen yang diperlukan sebelum ekspor terdiri dari PEB (Pemberitahuan Ekspor Barang) serta Shipping Instruction. Namun perlu diketahui bahwa sulit tidaknya proses ekspor juga tergantung dari banyaknya persyaratan yang perlu dipersiapkan. Sedangkan banyaknya dokumen yang harus dipersiapkan tergantung dari permintaan pembeli serta prosedur negara tujuan. 


3. Manfaatkan Layanan Ekspor
Memanfaatkan layanan ekspor dari pemerintah maupun instansi tertentu, termasuk salah satu tips melancarkan proses pengiriman sekaligus menekan biaya ekspor ke luar negeri. Anda bisa mencari informasinya lebih lengkap dengan mengunjungi situs resmi Direktorat Pengembangan Ekspor Nasional terlebih dahulu. 


Melalui website resminya, Anda diperbolehkan meminta ataupun melihat permintaan dari perusahaan luar negeri terhadap suatu produk hingga ringkasan pasar. Masih berada di tempat yang sama, Anda akan menemukan lembaga FTA Center yang dilengkapi dengan tiga tenaga ahli dalam prosedur ekspor, pemasaran dan promosi, hingga Implementasi Perjanjian Perdagangan. 


4. Manfaatkan Sosial Media
Sayangnya masyarakat mengeluhkan kesulitan mendapatkan informasi melalui pemerintah baik dari tingkat kota maupun kementerian. Hal ini dikarenakan semua informasi tersebut bisa didapatkan ketika melewati beberapa tahapan terlebih dahulu. Namun tidak perlu khawatir, karena Anda masih bisa mendapatkan informasi lengkap lewat kekuatan media sosial sebagai solusinya. 


Melalui fitur direct message pada sosial media, Anda dapat terhubung pada suatu lembaga ataupun personal yang menawarkan bantuan tersebut. Usai mendapatkan respon yang diinginkan, sebaiknya lakukan konfirmasi proses pengiriman selanjutnya. Setelah semua persiapan telah berada di genggaman, saatnya mulai menghitung biaya ekspor ke luar negeri yang harus dikeluarkan. 


Perlu diingatkan bahwa proses pengiriman barang ke negeri seberang tidaklah sama dengan pengiriman barang secara lokal. Ada berbagai hal yang perlu dipertimbangkan sebelum mengirimkan barang dapat dimulai dari pemahaman jenis barang yang hendak dikirimkan, batasan jumlah barang, hingga adanya tanggungan bea keluar untuk beberapa jenis barang.

Diberdayakan oleh Blogger.