Bukan Hanya Asal Cuci, Berikut Cara Mudah Merawat Jersey Sepeda Agar Tetap Baik

Bagi para bikers, jersey sepeda menjadi salah satu bagian terpenting yang tidak bisa ditinggalkan. Lantaran pakaian tersebut membantu untuk menyerap keringat ketika gowes sehingga membuat tubuh tetap nyaman. Pastikan bahan yang dipilih telah benar dengan kualitas terbaiknya. Agar tetap terjaga kualitas tersebut, perhatikan cara mudah merawatnya berikut.

 

Cara Mudah Merawat Jersey Para Bikers
1. Hindari Mencuci Menggunakan Mesin Cuci
Sebenarnya menggunakan mesin cuci untuk membersihkan pakaian satu ini bukan jadi suatu masalah besar. Akan tetapi, jika dilakukan secara terus menerus, dikhawatirkan kain pada pakaian akan cepat rusak ataupun melar. Bila hal ini terjadi, tentunya kemampuannya dalam menyerap keringat serta memberikan kenyamanan akan berkurang seiring berjalannya waktu.


Meski proses pencucian menggunakan mesin cuci mudah, namun mencuci secara manual jauh lebih aman. Pasalnya, anda bisa mengucek dengan kecepatan yang disesuaikan selera. Mencuci dengan tangan pun bisa menghindari kain jersey sepeda melar ataupun rusak terutama pada sablonnya. Terlebih lagi, kotoran yang melekat bisa dibersihkan dengan baik.


2. Mencuci dengan Cara yang Benar
Bukan hanya cukup menghindari mesin cuci untuk membersihkan pakaian bikers yang kotor, anda pun harus mengetahui bagaimana tahapan mencuci yang baik. Karena mencuci pakaian bikers ini jauh berbeda dengan mencuci pakaian atau kaos pada umumnya. Anda disarankan menghindari mengucek kain terlalu keras terutama menggunakan sikat.


Sebelum dikucek, pastikan kaos bikers telah direndam menggunakan air dingin dicampur sabun cuci selama beberapa menit. Bila telah usai, selanjutnya angkat pakaian tersebut dan periksa apakan terdapat bagian yang kotor dan mengendap. Jika ada, maka kuceklah secara perlahan. Namun jika tidak ada, anda cukup mencelupkan berulang kali pada air yang bercampur sabun tadi.


Jersey sepeda yang sudah bersih, berikutnya dibilas dan direndam dalam pewangi bila diperlukan. Tunggu hingga beberapa menit agar pewangi tersebut bisa menyerap ke serta pakaiannya. Baru kemudian jemur ke tempat yang kering dan terdapat sinar matahari. Sebelum dijemur, anda tak perlu memerasnya karena akan membuatnya cepat rusak.


3. Jemur di Tempat Teduh
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jemur pakaian bikers ini pada tempat yang kering dan terkena sinar matahari. Namun disini, sinar matahari yang dibutuhkan tidak secara langsung. Anda cukup mencari tempat yang sekiranya terdapat penghalang antara sinar matahari dengan pakaian bikers tersebut, misalnya saja atap yang transparan.


Alasan menghindari sinar matahari secara langsung ini tidak lain agar warna pada sablon tidak cepat pudar dan tetap menjaga kualitasnya. Pastikan pula pakaian bikers ini digantung dengan hanger dan tidak dijepit. Jika perlu, upayakan tempat penjemuran tersebut terdapat hembusan angin yang semilir untuk mengeringkannya tanpa bantuan matahari sepenuhnya.


4. Segera Menyimpan ke Lemari dan Menyetrika dengan Baik
Setelah pakaian kering, segeralah angkat dan gantungkan di dalam lemari. Sebelum ditaruh di dalam lemari, alangkah baiknya jika telah menyiapkan kamper di dalamnya. Kamper yang digunakan ini bertujuan menghindari berbagai aroma yang tidak sedap. Yang mana aroma tersebut biasanya muncul akibat adanya serangga atau kayu dari lemari.


Bila ingin menyetrikanya, usahakan tidak menggunakan suhu yang terlalu tinggi. Tentunya hal ini akan berakibat buruk pada warna serta kainnya. Bahkan terdapat kemungkinan membuat pakaiannya menjadi semakin melar. Untuk itu, pastikan suhu untuk menyetrika jersey sepeda sesuai. Lalu simpan dengan baik di dalam lemari, dan kenakan kapanpun.


Mungkin tidak sedikit orang menganggap perawatan baju khususnya untuk para bikers ini terbilang sangat mudah. Namun jika beberapa hal yang disebutkan diatas disepelekan begitu aja, jangan kaget jika jersey kesayangan akan rusak seiring berjalannya waktu. Terlebih lagi, harga yang dibanderol untuk satu bijinya terbilang cukup tinggi, jadi sangat perlu merawatnya.

Diberdayakan oleh Blogger.