Apa Penyebab Ketombe Dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Sudah rajin keramas, tapi kok ketombe masih sering muncul? Sebenarnya,  apa penyebab ketombe yang sering muncul tersebut? Ternyata banyak sekali faktor penyebabnya, terutama dari kebiasaan dan perawatan rambut Anda. Berikut adalah ulasan penyebab dan cara mengatasi masalah ketombe ini.

 


Daftar Penyebab Ketombe
Tidak Keramas Secara Rutin
Jarang membersihkan rambut menjadi penyebab yang sering tejadi. Rambut yang jarang dikeramasi akan menjadi lepek dan berminyak, sehingga kulit kepala akan ikut menimbulkan serpihan kulit mati yang berminyak dan bisa menjadi ketombe. Apalagi jika ternyata produk shampoo yang digunakan tidak cocok.


Terlalu sering mencuci rambut juga tidak disarankan, karena bisa juga menyebabkan munculnya ketombe. Kok bisa? Hal itu karena kulit kepala yang sering terpapar produk shampoo akan menimbulkan iritasi seperti kemerahan dan bersisik. Lebih baik lakukan keramas seminggu 3 kali.


Jarang Menyisir Rambut
Menyisir rambut memang harus dilakukan setiap habis mandi, bangun tidur, atau jika rambut terasa berantakan. Selain merapikan kembali kondisi rambut, kebiasan tersebut dapat membentu peluruhan (shedding) sel kulit mati di kulit kepala.


Dengan terbiasa menyisir rambut, kulit kepala akan lebih mudah bernapas. Kotoran-kotoran yang menempel pada rambut juga bisa dibersihkan. Mulai sekarang biasakan untuk menyisir rambut agar kondisi rambut tetap rapi dan bersih dari kotoran, termasuk ketombe.


Adanya Jamur
Penyebab yang tidak banyak diduga adalah adanya jamur. Jamur tersebut bisa muncul pada cuaca yang terlalu dingin. Hal itu karena sinar matahari tidak cukup untuk melembabkan area kulit kepala sehingga bisa menimbulkan sel kulit mati yang menjadi ketombe.


Jamur yang umum berkembang biak di kulit kepala adalah jamur Malassezia. Jenis jamur ini akan memproduksi sel kulit baru yang nantinya bisa bercampur dengan minyak yang ada di area kulit kepala sehingga bisa menimbulkan ketombe.


Kulit Kepala Kering
Kondisi kulit kepala yang kering juga bisa menjadi faktor penyebab ketombe muncul. Gejala ketombe yang ditimbulkan lebih kecil dan tidak begitu berminyak. Namun, ini akan kelihatan karena ketombe bisa berjatuhan. Kondisi seperti ini harus segera diatasi agar tidak makin parah.


Stress
Stes bisa merubah hormon seseorang yang bisa membuat kulit kepala menghasilkan banyak minyak. Untuk mencegah timbulnya ketombe, jangan terlalu stress. Tigkat stress yang berlebihan memang tidak baik untuk tubuh.


Solusi Untuk Masalah Ketombe dengan Produk Perawatan Rambut Terbaik
Setelah memahami apa penyebab ketombe, pastikan juga Anda tahu solusinya. Solusi yang tepat untuk mengatasi beberapa penyebab ketombe pada rambut yaitu memilih perawatan rambut yang cocok. Yang paling sederhana disini adalah shampoo yang digunakan. 


Gunakan produk shampoo anti ketombe yang cocok dengan jenis kulit kepala Anda.  Disini, Clear dikenal sebagai produk shampoo anti ketombe terbaik. Clear memperkenalkan Nutrium 10 sebagai kandungan utama produknya. 


Kombinasi 10 nutrisi penting tersebut bisa mengembalikan kesehatan kulit kepala. Salah satu varian produk Clear yang bisa Anda coba adalah CLEAR-anti dandruff - ice cool.


CLEAR-Anti Dandruff - Ice Cool Menthol Shampoo tersebut mampu mengatasi masalah ketombe dan kotoran serta minyak yang menumpuk. 


Cooling Menthol di dalamnya akan memberi sensasi segar dan dingin di kulit kepala. Kandungan vitamin dan mineralnya juga bisa menutrisi kulit kepala dan mencegah ketombe.


Gunakan shampoo Clear tersebut secara rutin agar dapat meminimalisir ketombe yang ada. Jangan terlalu sering melakukan perawatan rambut di salon karena ini bisa menambah masalah baru pada rambut, seperti ketombe, rambut rontok, dan iritasi.


Setelah mengetahui apa penyebab ketombe? dan cara mengatasinya di atas, kini Anda tidak perlu bingung lagi jika menghadapi kondisi seperti itu. Hal yang paling penting adalah rajin merawat rambut dan menggunakan produk yang cocok untuk kulit kepala Anda.

Diberdayakan oleh Blogger.